Sekumpulan Monyet Asal Wendit Masuk Pemukiman Warga


MALANG - Kawanan monyet ekor panjang yang berasal dari kawasan wisata air Wendit masuk ke pemukiman masyarakat di jalur Abdulrachman Saleh, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Pekan( 28/ 04/ 2024).

Iin Nurniamah, salah satu owner rumah yang disatroni monyet, berkata peristiwa ini terjalin pada Pekan pagi sekira jam 8 pagi. Sekumpulan monyet yang berjumlah 30 sampai 50 ekor datang datang terletak di atap rumahnya.

Monyet pula menyebabkan atap rumah jebol serta mengenai mobil yang terparkir di bawahnya. Sekumpulan monyet tersebut pula menjarah santapan yang terdapat di bagian balik rumah.

“ Terdapat banyak diatap lompat- lompat membut atap jebol serta mengenai mobil. Yang di balik ambil santapan,” ucap Iin Senin( 29/ 04/ 2024).

Sekumpulan monyet telah 2 kali masuk ke rumahnya. Peristiwa seragam pula terjalin sebagian bulan kemudian.

“ Ingin usir tidak berani, jadi cuma menutup pintu saja supaya monyet tidak masuk ke dalam rumah,” ucapnya.

Senin( 29/ 4/ 2024) siang, anggota Satpol PP Kabupaten Malang menghadiri rumah yang disatroni sekumpulan monyet tersebut sehabis memperoleh laporan dari masyarakat. Petugas mendata kehancuran yang disebabkan sekumpulan monyet, serta mencari pemicu sekumpulan monyet tersebut keluar dari habitat aslinya.

Kasi Trantib Satpol PP Kabupaten Malang, Meter. Kasim Samah menarangkan, sekumpulan monyet tersebut keluar dari habitatnya ialah di kawasan wisata air Wendit lantaran kelaparan ataupun perebutan daerah. Di wana wisata air Wendit ini, terdapat ratusan ekor monyet yang dibagi jadi 3 kelompok besar.

“ Ya bisa jadi sebab kelaparan serta perebutan daerah jadi keluar ke pemukiman”, ucap Kasim.

Usai mendata kehancuran yang dirasakan masyarakat, anggota satpol PP Kabupaten Malang pula berikan makan sekumpulan monyet di kawasan wisata air Wendit. Petugas bawa 5 tandan pisang serta 3 kresek besar salak buat diberikan ke sekumpulan monyet baik yang terdapat di luar ataupun di dalam kawasan wisata Wendit.

Buat menjauhi kembali masuknya sekumpulan monyet ke pemukiman masyarakat, Satpol PP Kabupaten Malang hendak berkoordinasi dengan pengelola tempat wisata, terpaut ketersediaan pangan monyet- monyet ini.

“ Kami hendak berkoordinasi dengan pengelola serta pemerintah desa setempat buat mencari solusinya,” ucapnya.

Tidak hanya wahana air, tempat wisata Wendit pula menawarkan wisata berikan makan monyet untuk turis. Tetapi, sepinya wisatawan semenjak pandemi Covid semenjak 2020, membuat sekumpulan monyet yang terdapat di tempat wisata ini kekurangan santapan.


Reporter: Abdul Malik 

Baca Juga