Penjabat Wali Kota Malang Genjot Pelayanan Kesehatan

Redaksi malangdata.com


Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat terus meningkatkan infrastruktur dan pelayanan kesehatan karena urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah itu menjadi yang utama.

"Saya ingin agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal," tegas Wahyu Hidayat saat meresmikan gedung baru Puskesmas Cisadea di Jalan Indragiri IV Kelurahan Purwantoro, Kota Malang, Jumat (26/4).

Wahyu menjelaskan pembangunan gedung sebagai upaya memberikan kelayakan dan kenyamanan bagi pasien dan tenaga medis di Puskesmas. Termasuk menandai meningkatnya pelayanan kesehatan lengkap dengan fasilitas dan peralatannya.

Keberadaan gedung baru, lanjutnya, mendukung layanan diagnosis, pengobatan dan pemeliharaan kesehatan masyarakat. Semua fasilitas itu tentu memberikan kemanfaatan luas bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Gedung baru juga untuk memenuhi ekspektasi semua pihak senantiasa berkomitmen meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Di sisi lain, gedung baru melengkapi manfaat cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) yang terus meningkat setelah Kota Malang meraih UHC Award.

Alhasil, capaian kinerja telah memenuhi harapan publik atas pemenuhan kebutuhan seluruh akses pelayanan kesehatan yang berkualitas dan efektif, yaitu promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

"Penting untuk memastikan bahwa puskesmas ini memenuhi standar kelayakan sehingga pasien dan tenaga medis dapat merasa nyaman," pungkasnya.

Saat ini, Kota Malang memiliki fasilitas kesehatan (faskes) berupa satu RSUD, 16 puskesmas, 33 puskesmas pembantu, dan satu laboratorium kesehatan daerah.

Sebaran faskes meliputi rumah sakit tipe C dan tipe D, puskesmas dan puskesmas pembantu ada 15 di Kecamatan Lowokwaru, 13 faskes di Kecamatan Sukun, 11 faskes di kecamatan Blimbing, 16 faskes di Kecamatan Klojen, dan 15 faskes di Kecamatan Kedungkandang.

Sedangkan sumber daya manusia (SDM) kesehatan sebanyak 1.156 orang terdiri dari 139 tenaga medis, 767 tenaga kesehatan dan 250 tenaga penunjang. Sedangkan SDM kesehatan Pemkot Malang dan non-Pemkot Malang sebanyak 7.293 orang.

Beaking News

Ads1
Ads2